RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas/semester : II / I
Tema : Bermain
di Lingkunganku
Subtema :
3. Bermain di Lingkungan Sekolahku
Pembelajaran
: 1
Alokasi
waktu : 6 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran dan agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estesis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan
teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.2.5 Mengidentifikasi berbagai aktivitas
bermain di lingkungan sekolah.
4.2.2 Menulis cerita narasi sederhana
tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah sekolah dengan memperhatikan
penulisan EYD.
Matematika
3.2 Mengenal operasi perkalian dan
pembagian pada pembagian pada bilangan asli yang asli yang hasilnya kurang dari
100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.3 Menaksir hasil perhitungan dengan
strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan.
Indikator
3.2.5 Menentukan
gambar yang bersesuaian dengan pembagian yang ditentukan.
4.2.2 Menaksir
hasil bagi bilangan terdiri dari dua angka dengan bilangan satu angka (kurang
dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat.
PPKn
3.3 Memahami makna
keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan
beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.5 Menyebutkan keberagaman teman-teman satu
kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.6 Menyebutkan
keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran.
4.3.4 Menceritakan
perilaku rukun dengan teman di sekolah yang berbeda jenis kelamin dan
kegemaran.
SBDP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta
tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.3 Menggambar imajinatif dengan
memanfaatkan beragam media.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam
membuat karya seni (poster).
3.2.2 Mengelompokkan benda-benda yang bisa
digunakan dalam menciptakan karya seni rupa (poster).
4.13.1 Membuat
gambar imajinatif berupa poster dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan
sekolah.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
media gambar, siswa dapat mengamati gambar pada teks percakapan dengan cermat.
2.
Dengan membaca teks percakapan, siswa
dapat membaca percakapan dengan suara nyaring dan menarik dengan percaya diri.
3.
Dengan teks percakapan yang telah
dibaca, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan
sekolah dengan cermat.
4.
Dengan mengamati teks percakapan, siswa
dapat menyebutkan keragaman jenis kelamin pada teks dengan cermat dan percaya
diri.
5.
Dengan diskusi dan mengamati teks
percakapan, siswa dapat menuliskan nama permainan kegemaran berdasarkan teks
percakapan dengan cermat.
6.
Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan
teks percakapan, siswa dapat menceritakan perilaku rukun dengan teman di
sekolah yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran dengan percaya diri.
7.
Dengan penugasan dari guru, siswa dapat
mengisi tabel permainan kegemaran teman-teman satu kelas dengan cermat.
8.
Dengan tabel permainan kegemaran teman
sekelas yang dibuat, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas
berdasarkan kegemaran dan jenis kelamin dengan percaya diri.
9.
Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat
menceritakan perilaku rukun dengan teman di sekolah yang berbeda jenis kelamin
dan kegemaran dengan percaya diri.
10. Dengan
mengamati teks percakapan, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang
aktivitas bermain berdasarkan teks percakapan dengan EYD yang benar dan cermat.
11. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menentukan gambar yang bersesuaian dengan
pembagian yang ditentukan dengan cermat.
12. Dengan
penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat menaksir hasil bagi bilangan terdiri
dari dua angka dengan bilangan satu angka (kurang dari 5) dengan pembulatan ke
puluhan terdekat dengan cermat.
13. Dengan
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni
rupa (poster) di lingkungan sekolah dengan cermat.
14. Dengan
mengamati lingkungan, siswa dapat mengelompokan benda-benda yang bisa digunakan
dalam mencipta karya seni rupa (poster) dengan percaya diri.
15. Dengan
memanfaatkan beragam media lingkungan,
siswa dapat menggambar imajinatif berupa poster dengan percaya diri.
16. Dengan
mengamati gambar imajinatif yang telah diwarnai, siswa dapat menceritakan
gambar ke depan kelas dengan percaya diri.
D. MATERI POKOK
Bahasa Indonesia : Membaca teks
percakapan “Bermain di Sekolah”
Matematika : Operasi
perkalian dan pembagian pada bilangan asli
PPkn : Keberagaman
karakteristik individu di rumah dan disekolah
SBDP : Menggambar
poster tentang benda-benda di dalam kelas
E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :Scientific (memahami,
mengamati, menanya, mengkomunikasikan, mengumpulkan, menalar, mencoba)
Metode : Diskusi,
ceramah, tanya jawab
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua peserta didik mengucapkan “Salam” (untuk mengawali kegiatan pembelajaran).
2.
Guru mengajak semua peserta didik berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
3.
Guru menanyakan kabar peserta didik.
4.
Guru menanyakan peserta didik siapa yang tidak hadir.
5.
Guru mengabsen peserta didik.
6.
Guru menanyai peserta didik alasan peserta didik yang tidak hadir.
7.
Guru menanyakan surat izin
peserta didik yang tidak masuk.
8.
Guru bertanya apakah ada PR hari ini.
9.
Guru menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “BERMAIN
di LINGKUNGANKU” Subtema “BERMAIN
di LINGKUNGAN SEKOLAHKU”
|
7 menit
|
Inti
|
1.
Siswa berpendapat tentang
permainan apa yang mereka sukai (mengkomunikasikan).
2.
Siswa mengamati teks percakapan “Bermain di Sekolah” (mengamati).
3.
Siswa yang ditunjuk oleh guru
melakukan percakapan sesuai teks percakapan yang disajikan didepan kelas (mengkomunikasikan).
4.
Siswa mendengarkan teman yang
melakukan percakapan di depan kelas(klasikal).
5.
Siswa mengidentifikasi teks
percakapan dan mengisi tabel permainan kegemaran yang disediakan dengan
berdiskusi dengan teman sebangku (menalar).
6.
Siswa menuliskan nama permainan
kegemaran teman-teman satu kelas pada tabel permainan kegemaran (menalar).
7.
Siswa menyebutkan nama permainan kegemaran
teman-teman satu kelas menurut jenis kelamin (menalar) dan (klasikal).
8.
Siswa di bagi menjadi beberapa
kelompok terdiri dari 3-5 siswa.
9.
Siswa berdiskusi dan mengamati gambar bilangan dan
membaginya dalam lingkaran dengan bimbingan guru (mengamati dan menalar).
10. Siswa menyebutkan benda-benda yang
terdapat di dalam kelas (menalar).
11. Siswa
melakukan pembagian pada benda-benda yang ditemukan di dalam kelas (menalar).
12. Siswa
menggambarkan benda-benda yang terdapat dalam kelas ke dalam kolom yang telah
tersedia sesuai dengan pembagian jumlah bendanya dengan arahan dari guru (mengkomunikasikan).
13. Siswa
melakukan pembagian bilangan dengan media benda-benda di dalam kelas (menalar).
14. Siswa
menaksir hasil pembagian bilangan hingga ke satuan terdekat (menalar).
15. Siswa
menunjukkan bilangan yang terdekat/mendekati dengan hasil pembagian bilangan (mengkomunikasikan).
16. Siswa
menggambar benda-benda yang terdapat di dalam kelas dan membuatnya menjadi
sebuah poster dengan contoh dan bimbingan dari guru (mencoba dan menalar).
17. Siswa
memajang poster hasil karya kelompoknya masing-masing pada papan tulis.
|
25 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru menilai poster hasil karya
kelompok siswa.
2.
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil
belajar selama sehari.
3.
Guru dan murid bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
4.
Guru mengomunikasikan tema/subtema yang akan dipelajari keesokan
harinya.
5.
Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·
Mengamati sikap siswa saat berdoa (sikap duduknya, cara membacanya,
cara melafalkannya, dll)
·
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa,
maka setelah selesai kegiatan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok
kalau berdoa lebih disempurnakan.
|
3 menit
|
G.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
·
Buku
guru tematik kelas 2 tema Bermain di Lingkunganku
·
Buku
siswa tematik kelas 2 tema Bermain
di Lingkunganku
·
Teks
dialog
percakapan “Bermain
di Sekolah”.
·
Buku Tulis, Pensil, Bolpoint sebagai
Media Belajar.
·
Benda-benda di dalam kelas.
H.
PENILAIAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
Keterangan :
BS :
Baik sekali
B :
Baik
C :
Cukup
PB :
Perlu Bimbingan
2. Pengetahuan
Tes tertulis
a. Mengisi tabel permainan
kegemaran teks
“Bermain di Sekolah”
Jumlah soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor
setiap jawaban: 1
b. Mengisi tabel permainan
kegemaran teman satu kelas berdasar jenis kelamin.
Jumlah soal: 10 soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 10
3.
Ketrampilan
a. Membaca teks dialog percakapan “Bermain
di Lingkunganku”
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca teks dialog
percakapan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan
membaca lambang bilangan.
|
Membaca dengan
tepat dan lancar.
|
Membaca dengan
tepat, tetapi kurang lancar.
|
Pembacaan
kurang tepat.
|
Belum mampu
membaca.
|
2.
|
Volume suara.
|
Volume suara
keras dan jelas.
|
Volume suara
jelas.
|
Volume suara
kurang jelas.
|
Suara sangat
pelan dan tidak jelas.
|
b. Diskusi tentang permainan
kegemaran teman-teman satu kelas
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik diskusi tentang permainan
kegemaran teman-teman satu kelas
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan
menjawab pertanyaan.
|
Seluruh
pertanyaan dijawab dengan benar.
|
Ada 1
pertanyaan yang dijawab dengan tidak tepat.
|
Lebih dari 1
pertanyaan yang dijawab dengan tidak benar.
|
Tidak mampu
menjawab semua pertanyaa.
|
2.
|
Kemampuan
membuat kesimpulan.
|
Simpulan
singkat dan mewakili isi teks.
|
Simpulan agak
panjang dan mewakili isi teks.
|
Simpulan kurang
mewakili isi teks.
|
Simpulan tidak
sesuai dengan teks.
|
c. Menggambar poster
“Benda-benda yang terdapat di dalam kelas”
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian menggambar
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Menyebutkan dan menggambar benda-benda di dalam
kelas
|
Siswa menyebutkan semua benda yang terdapat di
dalam kelas dengan jumlahnya dengan tepat
|
Siswa menyebutkan dan menggambarkan benda yang
terdapat di dalam kelas dengan jumlahnya hampir tepat
|
Siswa menyebutkan dan menggambarkan benda yang
terdapat di dalam kelas dengan jumlahnya kurang tepat
|
Siswa tidak
bisa menyebutkan dan menggambarkan benda yang terdapat di dalam kelas
|
2.
|
Proses pembagian dalam Lingkaran
|
Siswa mampu membagi benda dengan melingkarinya
dalam jumlah yang sama dan tepat
|
Siswa mampu
membagi benda dengan melingkarinya dalam jumlah yang sama (separuh dari
keseluruhan benda yang terdapat dalam kelas)
|
Siswa mampu membagi
benda dengan melingkari dalam jumlah yang sama (kurang dari separuh dari
keseluruhan benda yang terdapat dalam kelas)
|
Belum mampu membagi benda dengan melingkarinya
dalam jumlah yang sama
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas II
................................. TITO ARIZAL
NIP.......................... NIP.201233230
Look at the way my friend Wesley Virgin's report starts in this SHOCKING and controversial video.
BalasHapusAs a matter of fact, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he found hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.
As it turns out, these are the EXACT same methods many celebrities (especially those who "became famous out of nowhere") and elite business people used to become wealthy and successful.
You've heard that you only use 10% of your brain.
Really, that's because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.
Maybe this expression has even occurred INSIDE OF YOUR own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain around 7 years ago, while riding an unlicensed, garbage bucket of a car without a license and $3.20 in his pocket.
"I'm absolutely fed up with going through life check to check! Why can't I become successful?"
You've been a part of those those types of thoughts, right?
Your success story is waiting to be written. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.
WATCH WESLEY SPEAK NOW