I.
KOMPETENSI:
Standar
Kompetensi
Bilangan 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar:
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal
serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk
pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
5.4 Menggunakan
pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
Indikator:
1.
Mengubah
pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
2.
Menjumlahkan
dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
3.
Mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan
4.
Menggunakan
pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari bab ini, siswa
dapat:
5.
Mengubah
pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
6.
Menjumlahkan
dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
7.
Mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan
8.
Menggunakan
pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
Materi :
Pecahan
Jenis Penilaian Otentik
1.
ASPEK SIKAP
a.
Observasi
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Nama Sekolah :
Kelas / Semester :
Mata Pelajaran :
Materi :
Tanggal :
No
|
Nama
|
Taat Beribadah
|
Berperilaku Syukur
|
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
|
Toleransi beribadah
|
||||||||||||
SM
|
MB
|
MT
|
BT
|
SM
|
MB
|
MT
|
BT
|
SM
|
MB
|
MT
|
BT
|
SM
|
MB
|
MT
|
BT
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan:
Skor 4 :
Sudah membudaya
Skor 3 :
Mulai Berkembang
Skor 2 :
Mulai Terlihat
Skor 1 :
Belum Terlihat
*Berilah tanda checklist (√)
pada kolom yang sesuai
Instrumen
Penilaian Sikap Sosial
Nama Sekolah :
Kelas / Semester :
Mata Pelajaran :
Materi :
Tanggal :
No
|
Nama
|
Jujur
|
Disiplin
|
Percaya
diri
|
Teliti
|
Tanggungjawab
|
|||||||||||||||
SM
|
MB
|
MT
|
BT
|
SM
|
MB
|
MT
|
BT
|
SM
|
MB
|
MT
|
BT
|
SM
|
MB
|
MT
|
BT
|
SM
|
MB
|
MT
|
BT
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan:
Skor 4 :
Sudah membudaya
Skor 3 :
Mulai Berkembang
Skor 2 :
Mulai Terlihat
Skor 1 :
Belum Terlihat
*Berilah tanda checklist (√)
pada kolom yang sesuai
b.
Penilaian diri
Format
Penilaian Diri Peserta Didik
Nama :
Kelas/Semester :
Tahun Pelajaran :
Waktu Penilaian :
PETUNJUK
•
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari
No
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya belajar dengan sungguh-sungguh
|
||
2.
|
Saya mengikuti pembelajaran dengan penuh
perhatian
|
||
3.
|
Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat
waktu
|
||
4.
|
Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak
dipahami
|
||
5.
|
Saya berperan aktif dalam kelompok
|
||
6.
|
Saya menyerahkan tugas tepat waktu
|
||
7.
|
Saya merasa menguasai dan dapat mengikuti
kegiatan pembelajaran dengan baik
|
||
8.
|
Saya selalu membuat catatan hal-hal yang saya
anggap penting
|
||
9.
|
Saya menghormati dan menghargai orang tua
|
||
10.
|
Saya menghormati dan menghargai teman
|
||
11
|
Saya menghormati dan menghargai guru
|
Keterangan:
·
Penilaian persepsi diri untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan kenyataan yang ada.
·
Hasil penilaian persepsi diri peserta didik, digunakan sebagai dasar bagi guru dalam melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut
c.
Penilaian antar teman
Format
Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai :
Nama penilai :
Kelas :
Semester :
Waktu Penilaian :
PETUNJUK
•
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari
No
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Berperan aktif dalam kelompok
|
||
2
|
Menghormati dan menghargai pendapat orang lain
|
||
3
|
Tidak memaksa kehendak/pendapatnya
|
||
4
|
Mau bekerjasama dalam kelompok
|
||
5
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
Keterangan:
·
Penilaian persepsi diri untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan kenyataan yang ada.
·
Hasil penilaian persepsi diri peserta didik, digunakan sebagai dasar bagi guru dalam melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut
d.
Jurnal/catatan guru
No
|
Tanggal
|
Nama
|
Catatan Pengamatan
|
Tindak Lanjut
|
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
2.
ASPEK PENGETAHUAN
a.
Tes lisan (tidak ada)
b.
Tes tertulis
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Jumlah
Soal
|
No.
Soal
|
5.1
Mengubah
pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
|
Pecahan
|
1. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal
serta sebaliknya
|
4
|
1
2
3
4
|
5.2
Menjumlahkan
dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
|
2.
Menjumlahkan
dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
|
4
|
6
7
9
10
|
|
5.3
Mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan
|
3.
Mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan
|
2
|
5
8
|
|
5.4
Menggunakan
pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
|
4.
Menggunakan
pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
|
3
|
11
12
13
|
ULANGAN
HARIAN
Nama :
Kelas :
Materi :
Tanggal :
A.
Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang menurut anda
paling tepat dan berikan tanda silang (X) pada jawaban tersebut
1. Bentuk pecahan yang paling sederhana dari 25%
adalah ....
a.


b.


c.


d.


2. Nama persen dari
adalah
...

a. 20%
b. 21%
c. 22%
d. 23%
3. Pecahan biasa dari 0,125 adalah ...
a.


b.


c.


d.

4. Bentuk desimal untuk 5
adalah ...

a. 0,525
b. 5,25
c. 52,5
d. 525
5.
x
=....


a. 

b. 

c. 

d. 

6. 0,27 + n = 0,5, n = ...
a. 0,23
b. 0,24
c. 0,33
d. 0,34
7. 1 + 0,25 –
=

a. 0,35
b. 0,45
c. 1,35
d. 1,45
8.
: 


a.


b.


c.


d.


9. 5 –
=

a. 3 

b. 3 

c. 2 

d. 2 

10. 55%+ 0,45 –
=

a. 0,5
b. 0,4
c. 6,0
d. 5,0
B.
Isilah titik-titik berikut dengan tepat!
11. Berat badan Tina 36,5 kg. Karena sakit, berat
badan Tina turun 2,2 kg. Berapa berat Tina sekarang?
12. Ibu membeli 6
meter kain. Kain tersebut untuk membuat 3 buah baju seragam. Berapa meter
kain yang diperlukan untuk setiap seragam?

13. Mobil Pak Joni telah menempuh jarak 49,08 km. Hari
ini mobil tersebut digunakan lagi dan menempuh jarak 2,736 km. Berapa km jarak
yang pernah ditempuh mobil Pak Joni?
KUNCI
JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
Kunci
Jawaban
A.
Pilihan Ganda
1. A
2. A
3. D
4. B
5. A
6. A
7. B
8. A
9. C
10.
B
B.
Uraian
11. 36,5 + 2,2 = 34,3
Jadi berat badan Tina
adalah 34,3 Kg
12. 6
: 3 =
x
=
= 2





Jadi kain yang diperlukan
adalah 2
meter

13. 49,08 + 2,736 = 51,816
Jadi jarak yang ditempuh
oleh mobil pak joni adalah 51,816 Km
Pedoman Peskoran
A.
Pilihan Ganda
Benar 1 soal x 1
salah 1 soal x 0
B.
Uraian
Benar cara dan jawabannya
x 5
Benar caranya saja tetapi
jawabannya salah x 4
Benar caranya tetapi belum ada jawabannya x 3
Benar caranya tetapi belum ada jawabannya x 3
Benar jawabanya tetapi
caranya salah x 2
Salah Semua tetapi ada
jawabannya x 1
Belum diisi x 0
Nilai = ( Pilihan ganda + uraian ) x 4
Nilai maksimal = 100
c.
Penugasan
Buatlah gambar lingkaran dan kemudian bagian
menjadi pecahan dari
,
,
. dan seterusnya



No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
||||||||
Keruntutan
|
Ketepatan
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
||
Keterangan:
4= sangat baik
3= baik
2= cukup
1=
perlu bimbingan
3.
ASPEK KETRAMPILAN
a.
Kinerja
Rubrik
Penilaian kinerja
Kelas/semester : V/2
Materi : Pecahan
Format
penilaian praktik : Menyelesaikan
masalah yang berhubungan dengan pecahan
No
|
Nama
|
Kriteria Penilaian
|
|||||||||||
Kerapian
|
Ketepatan
|
Kejelasan
|
|||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
Keterangan
skor :
Skor
4 :
sangat baik
Skor
3 :
baik
Skor
2 :
cukup
Skor
1 :
perlu bimbingan
b.
Proyek
Rubrik
penilaian hasil/produk
Nama
Proyek : memotong lingkaran
menjadi pecahan
Kelas/Semester : 5/2
Materi : Pecahan
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan
1
|
1
|
Kemandirian
|
Siswa
dapat memotong lingkaran menjadi pecahan secara mandiri dengan baik
|
Siswa
dapat memotong lingkaran menjadi pecahan dengan baik
namun kadang-kadang perlu bantuan
|
siswa memerlukan
bantuan dalam memotong lingkaran menjadi pecahan
|
siswa belum dapat memotong
lingkaran menjadi pecahan
|
2
|
Ketepatan dan
kerapian dalam memotong lingkaran menjadi pecahan
|
Siswa dapat memotong
lingkaran menjadi pecahan secara tepat dan rapi
|
Siswa dapat memotong
lingkaran menjadi pecahan namun tidak rapi atau sebaliknya
|
Siswa kadang-kadang
memerlukan bantuan dalam memotong lingkaran menjadi pecahan dengan tepat dan
rapi
|
Siswa dibimbing penuh
dalam memotong lingkaran menjadi pecahan dengan tepat dan rapi
|
Keterangan:
Skor
4 :
sangat baik
Skor
3 :
baik
Skor
2 :
cukup
Skor
1 :
perlu bimbingan
c.
Portofolio
PORTOFOLIO
Nama
Siswa :
Kelas :
Semester :
Tanggal dokumen
|
Nama dokumen
|
Substansi/isi
|
Kerapian dan ketepatan
|
Estetika
|
|||||||||
Laporan proyek
membuat pecahan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Hasil tugas pekerjaan
rumah
|
|||||||||||||
Menghitung
harga diskon dan komposisi dalam bungkus makanan yang dijumpai sehari-hari
|
Keterangan
Skor
4 :
baik sekali
Skor
3 :
baik
Skor
2 :
cukup
Skor
1 :
kurang
Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT
BalasHapusWell over 160,000 women and men are hacking their diet with a easy and secret "liquid hack" to burn 1-2 lbs every night while they sleep.
It's simple and it works all the time.
This is how to do it yourself:
1) Grab a glass and fill it with water half glass
2) And then do this crazy hack
you'll become 1-2 lbs thinner when you wake up!
If you're trying to lose pounds then you certainly need to jump on this brand new personalized keto diet.
BalasHapusTo create this keto diet, certified nutritionists, fitness couches, and cooks united to provide keto meal plans that are productive, decent, money-efficient, and delightful.
From their first launch in January 2019, thousands of individuals have already completely transformed their figure and health with the benefits a proper keto diet can offer.
Speaking of benefits; in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones offered by the keto diet.
Your Affiliate Money Printing Machine is ready -
BalasHapusAnd getting it running is as easy as 1 . 2 . 3!
Follow the steps below to make money...
STEP 1. Choose affiliate products you want to push
STEP 2. Add PUSH BUTTON TRAFFIC (this ONLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the affiliate system grow your list and sell your affiliate products all by itself!
Are you ready to start making money???
Click here to launch the system