About this blog

Minggu, 29 Maret 2015

Penilaian Matematika By Laillatuzzahro Fatmawati Kelas 5 Standar Kompetensi 5


I.     KOMPETENSI:
Standar Kompetensi
Bilangan  5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar:
5.1   Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3   Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4   Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
Indikator:
1.        Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
2.        Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
3.        Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
4.        Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari bab ini, siswa dapat:
5.        Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
6.        Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
7.        Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
8.        Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
Materi :
Pecahan





Jenis Penilaian Otentik
1.      ASPEK SIKAP
a.      Observasi
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Nama Sekolah       :
Kelas / Semester    :
Mata Pelajaran     :
Materi                    :
Tanggal                 :
No
Nama
Taat Beribadah
Berperilaku Syukur
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
Toleransi beribadah
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1


























































































Keterangan:
Skor 4  : Sudah membudaya
Skor 3  : Mulai Berkembang
Skor 2  : Mulai Terlihat
Skor 1  : Belum Terlihat
*Berilah tanda checklist (√) pada kolom yang sesuai










Instrumen Penilaian Sikap Sosial
Nama Sekolah       :
Kelas / Semester    :
Mata Pelajaran     :
Materi                    :
Tanggal                 :
No
Nama
Jujur
Disiplin
Percaya diri
Teliti
Tanggungjawab
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
















































































































Keterangan:
Skor 4  : Sudah membudaya
Skor 3  : Mulai Berkembang
Skor 2  : Mulai Terlihat
Skor 1  : Belum Terlihat
*Berilah tanda checklist (√) pada kolom yang sesuai



b.      Penilaian diri
Format Penilaian Diri Peserta Didik
Nama                     :
Kelas/Semester      :
Tahun Pelajaran   :
Waktu Penilaian   :
PETUNJUK
         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
         Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Saya belajar dengan sungguh-sungguh


2.
Saya mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian


3.
Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


4.
Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


5.
Saya berperan aktif dalam kelompok


6.
Saya menyerahkan tugas tepat waktu


7.
Saya merasa menguasai dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik


8.
Saya selalu membuat catatan hal-hal yang saya anggap penting


9.
Saya menghormati dan menghargai orang tua


10.
Saya menghormati dan menghargai teman


11
Saya menghormati dan menghargai guru


Keterangan:
·         Penilaian persepsi diri untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan kenyataan yang ada.
·         Hasil penilaian persepsi diri peserta didik, digunakan sebagai dasar bagi guru dalam melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut
c.       Penilaian antar teman
Format Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai :
Nama penilai                     :
Kelas                                  :
Semester                            :
Waktu Penilaian               :
PETUNJUK
         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
         Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1
Berperan aktif dalam kelompok


2
Menghormati dan menghargai pendapat orang lain


3
Tidak memaksa kehendak/pendapatnya


4
Mau bekerjasama dalam kelompok


5
Mengerjakan tugas yang diberikan


Keterangan:
·         Penilaian persepsi diri untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan kenyataan yang ada.
·         Hasil penilaian persepsi diri peserta didik, digunakan sebagai dasar bagi guru dalam melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut

d.      Jurnal/catatan guru
No
Tanggal
Nama
Catatan Pengamatan
Tindak Lanjut
Kekuatan
Kelemahan
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)


















2.      ASPEK PENGETAHUAN
a.      Tes lisan (tidak ada)
b.      Tes tertulis
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Jumlah Soal
No. Soal
5.1  Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
Pecahan
1.     Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
4
1
2
3
4
5.2  Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
2.     Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
4
6
7
9
10
5.3  Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
3.     Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
2
5
8
5.4  Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
4.      Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
3
11
12
  13








ULANGAN HARIAN
Nama              :
Kelas               :
Materi             :
Tanggal          :
A.    Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang menurut anda paling tepat dan berikan tanda silang (X) pada jawaban tersebut
1.      Bentuk pecahan yang paling sederhana dari 25% adalah ....
a.       
b.      
c.       
d.      
2.      Nama persen dari  adalah ...
a.       20%
b.      21%
c.       22%
d.      23%
3.      Pecahan biasa dari 0,125 adalah ...
a.    
b.    
c.     
d.      
4.      Bentuk desimal untuk 5  adalah ...
a.       0,525
b.      5,25
c.       52,5
d.      525
5.       x  =....
a.      
b.     
c.      
d.     
6.      0,27 + n = 0,5, n = ...
a.       0,23
b.      0,24
c.       0,33
d.      0,34
7.      1 + 0,25 –  =
a.       0,35
b.      0,45
c.       1,35
d.      1,45
8.      :
a.      
b.     
c.      
d.     
9.      5 –  =
a.       3
b.      3
c.       2
d.      2
10.  55%+ 0,45 –  =
a.       0,5
b.      0,4
c.       6,0
d.      5,0
B.     Isilah titik-titik berikut dengan tepat!
11.  Berat badan Tina 36,5 kg. Karena sakit, berat badan Tina turun 2,2 kg. Berapa berat Tina sekarang?
12.  Ibu membeli 6 meter kain. Kain tersebut untuk membuat 3 buah baju seragam. Berapa meter kain yang diperlukan untuk setiap seragam?
13.  Mobil Pak Joni telah menempuh jarak 49,08 km. Hari ini mobil tersebut digunakan lagi dan menempuh jarak 2,736 km. Berapa km jarak yang pernah ditempuh mobil Pak Joni?















KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
Kunci Jawaban
A.    Pilihan Ganda


1.      A
2.      A
3.      D
4.      B
5.      A
6.      A
7.      B
8.      A
9.      C
10.  B
B.     Uraian
11.     36,5 + 2,2 = 34,3
Jadi berat badan Tina adalah 34,3 Kg
12.     6 : 3 =  x  =  = 2
Jadi kain yang diperlukan adalah 2 meter
13.     49,08 + 2,736 = 51,816
Jadi jarak yang ditempuh oleh mobil pak joni adalah 51,816 Km








Pedoman Peskoran
A.    Pilihan Ganda
Benar 1 soal x 1
salah 1 soal x 0
B.     Uraian
Benar cara dan jawabannya x 5
Benar caranya saja tetapi jawabannya salah x 4
Benar caranya tetapi belum ada jawabannya x 3
Benar jawabanya tetapi caranya salah x 2
Salah Semua tetapi ada jawabannya x 1
Belum diisi x 0
Nilai = ( Pilihan ganda + uraian ) x 4
Nilai maksimal = 100

c.       Penugasan
Buatlah gambar lingkaran dan kemudian bagian menjadi pecahan dari , , . dan seterusnya
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Keruntutan
Ketepatan
4
3
2
1
4
3
2
1
4























































Keterangan:
4=  sangat baik
3=  baik
2=  cukup
1= perlu bimbingan
3.      ASPEK KETRAMPILAN
a.      Kinerja
Rubrik Penilaian kinerja
Kelas/semester                    :  V/2
Materi                                 :  Pecahan
Format penilaian praktik     : Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pecahan
           
No
Nama
Kriteria Penilaian
Kerapian
Ketepatan
Kejelasan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1













2













3













4













5














Keterangan skor :
Skor 4  :  sangat baik
Skor 3  :  baik
Skor 2  :  cukup
Skor 1  :  perlu bimbingan









b.      Proyek
Rubrik penilaian hasil/produk
Nama Proyek             : memotong lingkaran menjadi pecahan
Kelas/Semester           : 5/2
Materi                         :  Pecahan
No.
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu bimbingan
1
1
Kemandirian
Siswa dapat memotong lingkaran menjadi pecahan secara mandiri dengan baik
Siswa dapat memotong lingkaran menjadi pecahan dengan baik namun kadang-kadang perlu bantuan
siswa memerlukan bantuan dalam memotong lingkaran menjadi pecahan
siswa belum dapat memotong lingkaran menjadi pecahan
2
Ketepatan dan kerapian dalam memotong lingkaran menjadi pecahan
Siswa dapat memotong lingkaran menjadi pecahan secara tepat dan rapi
Siswa dapat memotong lingkaran menjadi pecahan namun tidak rapi atau sebaliknya
Siswa kadang-kadang memerlukan bantuan dalam memotong lingkaran menjadi pecahan dengan tepat dan rapi
Siswa dibimbing penuh dalam memotong lingkaran menjadi pecahan dengan tepat dan rapi
Keterangan:
Skor 4  :  sangat baik
Skor 3  :  baik
Skor 2  :  cukup
Skor 1  :  perlu bimbingan
c.       Portofolio

PORTOFOLIO
Nama Siswa      :
Kelas                  :
Semester            :
Tanggal dokumen
Nama dokumen
Substansi/isi
Kerapian dan ketepatan
Estetika

Laporan proyek membuat pecahan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

Hasil tugas pekerjaan rumah













Menghitung harga diskon dan komposisi dalam bungkus makanan  yang dijumpai sehari-hari














Keterangan
Skor 4  :  baik sekali
Skor 3  :  baik
Skor 2  :  cukup
Skor 1  :  kurang

3 komentar:

  1. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    Well over 160,000 women and men are hacking their diet with a easy and secret "liquid hack" to burn 1-2 lbs every night while they sleep.

    It's simple and it works all the time.

    This is how to do it yourself:

    1) Grab a glass and fill it with water half glass

    2) And then do this crazy hack

    you'll become 1-2 lbs thinner when you wake up!

    BalasHapus
  2. If you're trying to lose pounds then you certainly need to jump on this brand new personalized keto diet.

    To create this keto diet, certified nutritionists, fitness couches, and cooks united to provide keto meal plans that are productive, decent, money-efficient, and delightful.

    From their first launch in January 2019, thousands of individuals have already completely transformed their figure and health with the benefits a proper keto diet can offer.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones offered by the keto diet.

    BalasHapus
  3. Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

    And getting it running is as easy as 1 . 2 . 3!

    Follow the steps below to make money...

    STEP 1. Choose affiliate products you want to push
    STEP 2. Add PUSH BUTTON TRAFFIC (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate system grow your list and sell your affiliate products all by itself!

    Are you ready to start making money???

    Click here to launch the system

    BalasHapus