About this blog

Sabtu, 28 Maret 2015

RPP Tematik Kelas 2 SD tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan         : SDN 1 BAE
Kelas/semester               : II/2
Tema                              : 7. Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema                         : 1. Hewan di Sekitarku
Pembelajaran                  : 2 (Dua)
Alokasi waktu                : 1 x 15 menit

A.    Kompetensi inti           :
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



B.     Kompetensi Dasar :
1. Bahasa Indonesia
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa baha Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewa, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1.      Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
2.      Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang hewan di sekitar
3.      Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan hewan di lingkungan sekitar
2. PPKn
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, santun, peduli, dan peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Indikator:
1.      Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin dan peduli sebagai perwujudan moral Pancasila
2.      Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.      Menunjukkan perilaku di sekitar rumah yang sesuai dengan sila pertama..
3. Matematika
2.4  Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan suatu aktivitas di sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu.
3.10Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit.
Indikator:
1.         Disiplin tepat waktu dalam kegiatan dan aktivitas di sekolah.
2.         Mengurutkan hasil pengukuran berat benda dari nilai terkecil ke terbesar
3.         Menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan grafik konkrit.

C.    Tujuan
1.      Siswa dapat menggunakkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin dan peduli sebagai perwujudan moral Pancasila
3.      Siswa dapat disiplin tepat waktu dalam melaksanakan kegiatan dan aktivitas di sekolah.
4.      Siswa dapat menulis laporan sederhana tentang hasol pengamatan hewan di lingkungan sekitar dengan tanggung jawab dan sikap peduli.
5.      Siswa dapat menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang hewan di sekitar dengan tanggung jawan dan sikap peduli.
6.      Siswa dapat mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan tanggung jawab.
7.      Siswa dapat menunjukkan perilaku di sekitar rumah yang sesuai dengan sila pertama dengan tanggung jawab dan sikap peduli.
8.      Siswa dapat mengurutkan hasil pengukuran berat benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar dengan tanggung jawab.
9.      Siswa dapat menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan grafik konkrit dengan tanggung jawab.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Bahasa Indonesia   : Teks “Merawat Ayam”, dan Teks Percakapan “Hewan Peliharaanku” (Terlampir)
2.    PPKn                     : Gambar Garuda Pancasila beserta Lambang-lambangnya (Terlampir)
3.    Matematika            : Perbandingan Berat Ayam Jantan dan Betina, Penjumlahan, Perkalian (Terlampir)

E.     Model, Metode dan Pendekatan
Model                    : Model Role Playing
Metode                  : Metode Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
Pendekatan            : Pendekatan Scientific


F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                    : 1. Teks percakapan, 2. Gambar Ayam
Alat                        : Proyektor
Sumber Belajar      :
1.      Buku Siswa Kelas II tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan/subtema Hewan di sekitarku/Pembelajaran 2
2.      Lingkungan

G.    Langkah-Langkah Kegiatan:
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru mengucapkan salam dan meminta siswa untuk berdoa
2.     Guru menanyakan kabar siswa
3.     Guru mengabsen kehadiran siswa
4.     Guru meminta informasi pelaksanaan piket hari ini pada siswa.
5.     Guru menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan” dengan subtema “Hewan di Sekitarku”
3 menit
Inti
PENGENALAN KONSEP
1.     Guru bertanya kepada siswa, apakah mempunyai hewan peliharaan. (mengkomunikasikan)
2.     Guru menunjukkan sebuah gambar dan bertanya jawab tentang gambar tersebut (mengamati, menalar dan mengkomunikasikan).
3.     Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan teks “ Merawat Ayam”, dan Siswa yang lain memperhatikan (mengkomunikasikan)
4.     Guru bertanya kembali, apa-apa saja cara untuk Merawat Ayam (menalar)
5.     Guru meminta siswa membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 siswa
6.     Guru bertanya kepada Siswa tentang lambang-lambang Pancasila
7.     Tiap kelompok menyebutkan satu lambang Pancasila dimulai dari Sila Pertama
8.     Selanjutnya Guru menunjuk salah satu siswa pada tiap kelompok untuk berperan dan membacakan teks percakapan
9.     Siswa yang bertugas memerankan skenario melakukan tugasnya sesuai dengan teks skenario yang dibuat guru
10. Semua siswa dalam kelompok memperhatikan dengan seksama (mengamati)
11. Setelah siswa selesai berperan, Guru bertanya kepada tiap-tiap kelompok dengan pertanyaan yang berbeda sesuai dengan percakapan yang dibacakan tadi.
12. Guru membagikan lembar kerja untuk dikerjakan secara berkelompok dengan cara berdiskusi.
13. Setelah diskusi selesai, perwakilan anggota kelompok membacakan hasil diskusinya di depan kelas (mengkomunikasikan)
14.  Semua siswa memperhatikan perwakilan kelompok yang maju dengan seksama
15.   Setelah selesai, siswa kembali ke tempat duduk masing-masing­.
16.   Guru mengajak siswa berhitung penjumlahan dengan media gambar “Hewan Ayam”
17.   Sebelum berhitung Guru menginstruksikan cara berhitungnya (mengkomunikasikan)
18.   Guru menunjuk beberapa siswa untuk mencoba menjawab pertanyaan yang ditunjukkan oleh Guru
10 menit
Penutup
1.    Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar yang diperoleh dari pembelajaran.
2.    Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
3.    Guru mengingatkan siswa untuk belajar di rumah
4.    Guru mengucapkan salam dan keluar dari kelas
2 menit




H.    Penilaian
1.      Jenis/Teknik Penilaian
a.      Penilaian Proses
Penilaian proses dilakukan dengan menggunakan format pengamatan selama kegiatan pembelajaran berlangsung sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis.

2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
Penilaian Kinerja
b.      Penilaian Hasil Belajar
Uraian (Essay)

3.      Pedoman Penskoran
PENILAIAN NON TES:
A.    Penilaian Kinerja
1.      Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok (Diskusi)
No.
Nama Peserta Didik
Aspek
Jumlah Skor
Nilai
Kerja sama
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
Tanggung jawab
1.







2.







3.







4.








Keterangan Skor:
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
Skor maksimal = 16

Skor Perolehan
Skor Maksimal
 
Nilai  =                                   X  100


2.      Penilaian Peran:
Pementasan Peran didepan kelas “Hewan Peliharaanku
No
Nama
Vokal
Intonasi
Mimik
Penghayatan Peran
Jumlah Skor
Nilai
1.







2.







3.







4.







Keterangan Skor:
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
Skor maksimal = 16
Skor Perolehan
Skor Maksimal
 
Nilai  =                                    X 100



3.      Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Kriteria
Disiplin
Rasa Ingin Tahu
Kreatif
Sahabat/Komunikasi
ST
BT
ST
BT
ST
BT
ST
BT
1.









2.









3.









4.









5.









Dst.










Keterangan :
ST = Sudah Terlihat (Nilai 4)
BT = Belum Terlihat (Nilai 2)
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
Skor maksimal = 16
Skor Perolehan
Skor Maksimal
 
Nilai  =                                    X 100






B.     Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis yang diberikan oleh guru

















Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas II



Kurniasari, S. Pd                                                                     Tito Arizal, S. Pd.
NIP 2012 33 001                                                                    NIM 2012 33 230




3 komentar:

  1. This is how my partner Wesley Virgin's adventure starts in this shocking and controversial VIDEO.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he revealed hidden, "mind control" secrets that the CIA and others used to obtain everything they want.

    As it turns out, these are the EXACT same methods lots of famous people (especially those who "come out of nothing") and the greatest business people used to become wealthy and successful.

    You probably know that you utilize only 10% of your brain.

    That's because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that thought has even taken place IN YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind seven years back, while driving a non-registered, garbage bucket of a vehicle without a license and with $3.20 on his debit card.

    "I'm absolutely frustrated with going through life paycheck to paycheck! Why can't I become successful?"

    You've taken part in those conversations, ain't it right?

    Your very own success story is going to be written. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    WATCH WESLEY SPEAK NOW

    BalasHapus