RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN 1 BAE
Kelas/semester : II/2
Tema : 7. Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema :
1. Hewan di Sekitarku
Pembelajaran : 2 (Dua)
Alokasi waktu : 1 x 15 menit
A. Kompetensi inti :
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar :
1.
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
baha Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewa, dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1.
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik
dan benar
2.
Menjelaskan isi teks laporan sederhana
tentang hewan di sekitar
3.
Menulis laporan sederhana tentang hasil
pengamatan hewan di lingkungan sekitar
2.
PPKn
2.1 Menunjukkan
perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, santun, peduli, dan peduli
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Indikator:
1.
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih
sayang, jujur, disiplin dan peduli sebagai perwujudan moral Pancasila
2.
Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan
yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”.
3.
Menunjukkan perilaku di sekitar rumah
yang sesuai dengan sila pertama..
3.
Matematika
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu
dalam melakukan suatu aktivitas di sekolah dengan memperhatikan alat ukur
waktu.
3.10Menentukan nilai
terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan dan
mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan
grafik konkrit.
Indikator:
1.
Disiplin tepat waktu dalam kegiatan dan
aktivitas di sekolah.
2.
Mengurutkan hasil pengukuran berat benda
dari nilai terkecil ke terbesar
3.
Menampilkan data yang dikelompokkan
menggunakan grafik konkrit.
C. Tujuan
1.
Siswa dapat menggunakkan bahasa Indonesia dengan baik dan
benar
2.
Siswa dapat menunjukkan perilaku
toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin dan peduli sebagai perwujudan moral
Pancasila
3.
Siswa dapat disiplin tepat waktu dalam melaksanakan kegiatan
dan aktivitas di sekolah.
4.
Siswa dapat menulis laporan sederhana tentang hasol
pengamatan hewan di lingkungan sekitar dengan tanggung jawab dan sikap peduli.
5.
Siswa dapat menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang
hewan di sekitar dengan tanggung jawan dan sikap peduli.
6.
Siswa dapat mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang
sesuai dengan sila pertama Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
dengan tanggung jawab.
7.
Siswa dapat menunjukkan perilaku di sekitar rumah yang sesuai
dengan sila pertama dengan tanggung jawab dan sikap peduli.
8.
Siswa dapat mengurutkan hasil pengukuran berat benda-benda
dari nilai terkecil ke terbesar dengan tanggung jawab.
9.
Siswa dapat menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan
grafik konkrit dengan tanggung jawab.
D. Materi Pembelajaran
1.
Bahasa Indonesia : Teks “Merawat Ayam”, dan Teks Percakapan “Hewan Peliharaanku” (Terlampir)
2.
PPKn :
Gambar Garuda Pancasila beserta Lambang-lambangnya (Terlampir)
3. Matematika : Perbandingan Berat Ayam Jantan dan
Betina, Penjumlahan, Perkalian (Terlampir)
E. Model, Metode dan Pendekatan
Model :
Model Role Playing
Metode :
Metode Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
Pendekatan : Pendekatan Scientific
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media :
1. Teks percakapan, 2. Gambar Ayam
Alat :
Proyektor
Sumber Belajar :
1.
Buku Siswa Kelas II tema 7 Merawat Hewan
dan Tumbuhan/subtema Hewan di sekitarku/Pembelajaran 2
2.
Lingkungan
G. Langkah-Langkah Kegiatan:
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam dan
meminta siswa untuk berdoa
2.
Guru menanyakan kabar siswa
3.
Guru mengabsen kehadiran siswa
4.
Guru meminta informasi
pelaksanaan piket hari ini pada siswa.
5.
Guru menginformasikan Tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan” dengan subtema “Hewan
di Sekitarku”
|
3 menit
|
Inti
|
PENGENALAN
KONSEP
1.
Guru bertanya kepada siswa,
apakah mempunyai hewan peliharaan. (mengkomunikasikan)
2.
Guru menunjukkan sebuah gambar
dan bertanya jawab tentang gambar tersebut (mengamati, menalar dan mengkomunikasikan).
3.
Guru meminta salah satu siswa
untuk membacakan teks “ Merawat Ayam”, dan Siswa yang lain memperhatikan (mengkomunikasikan)
4.
Guru bertanya kembali, apa-apa
saja cara untuk Merawat Ayam (menalar)
5.
Guru meminta siswa membentuk
kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 siswa
6.
Guru bertanya kepada Siswa
tentang lambang-lambang Pancasila
7.
Tiap kelompok menyebutkan satu
lambang Pancasila dimulai dari Sila Pertama
8.
Selanjutnya Guru menunjuk salah
satu siswa pada tiap kelompok untuk berperan dan membacakan teks percakapan
9.
Siswa yang bertugas memerankan
skenario melakukan tugasnya sesuai dengan teks skenario yang dibuat guru
10.
Semua siswa dalam kelompok
memperhatikan dengan seksama (mengamati)
11.
Setelah siswa selesai berperan,
Guru bertanya kepada tiap-tiap kelompok dengan pertanyaan yang berbeda sesuai
dengan percakapan yang dibacakan tadi.
12.
Guru membagikan lembar kerja
untuk dikerjakan secara berkelompok dengan cara berdiskusi.
13.
Setelah diskusi selesai,
perwakilan anggota kelompok membacakan hasil diskusinya di depan kelas (mengkomunikasikan)
14.
Semua siswa memperhatikan perwakilan
kelompok yang maju dengan seksama
15.
Setelah selesai, siswa kembali ke
tempat duduk masing-masing.
16.
Guru mengajak siswa berhitung
penjumlahan dengan media gambar “Hewan Ayam”
17.
Sebelum berhitung Guru
menginstruksikan cara berhitungnya (mengkomunikasikan)
18.
Guru menunjuk beberapa siswa
untuk mencoba menjawab pertanyaan yang ditunjukkan oleh Guru
|
10 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar yang diperoleh dari
pembelajaran.
2. Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
3. Guru
mengingatkan siswa untuk belajar di rumah
4.
Guru mengucapkan salam dan keluar
dari kelas
|
2 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
Proses
Penilaian proses
dilakukan dengan menggunakan format pengamatan selama kegiatan pembelajaran
berlangsung sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar
dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes
tertulis.
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian
Proses
Penilaian Kinerja
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Uraian (Essay)
3.
Pedoman
Penskoran
PENILAIAN NON TES:
A.
Penilaian
Kinerja
1.
Kinerja
dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok (Diskusi)
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
Kerja
sama
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
Tanggung
jawab
|
||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
Keterangan Skor:
1
= Kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4 = Sangat Baik
Skor maksimal = 16
Skor Perolehan
Skor Maksimal
|
Nilai = X 100
2.
Penilaian Peran:
Pementasan
Peran didepan kelas “Hewan Peliharaanku”
No
|
Nama
|
Vokal
|
Intonasi
|
Mimik
|
Penghayatan Peran
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
Keterangan Skor:
1
= Kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4 = Sangat Baik
Skor maksimal = 16
Skor Perolehan
Skor Maksimal
|
Nilai = X 100
3. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||||||
Disiplin
|
Rasa Ingin Tahu
|
Kreatif
|
Sahabat/Komunikasi
|
||||||
ST
|
BT
|
ST
|
BT
|
ST
|
BT
|
ST
|
BT
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
|||||||||
Dst.
|
Keterangan :
ST = Sudah Terlihat (Nilai
4)
BT = Belum Terlihat (Nilai
2)
1
= Kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4 = Sangat Baik
Skor maksimal = 16
Skor Perolehan
Skor Maksimal
|
Nilai = X 100
B.
Penilaian Hasil Belajar
Tes
tertulis yang diberikan oleh guru
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Kelas II
Kurniasari, S. Pd Tito
Arizal, S. Pd.
NIP 2012 33 001 NIM
2012 33 230
subtema 3 ada ga ;)
BalasHapusCr donlonny gmn y???
BalasHapusThis is how my partner Wesley Virgin's adventure starts in this shocking and controversial VIDEO.
BalasHapusYou see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he revealed hidden, "mind control" secrets that the CIA and others used to obtain everything they want.
As it turns out, these are the EXACT same methods lots of famous people (especially those who "come out of nothing") and the greatest business people used to become wealthy and successful.
You probably know that you utilize only 10% of your brain.
That's because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.
Perhaps that thought has even taken place IN YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind seven years back, while driving a non-registered, garbage bucket of a vehicle without a license and with $3.20 on his debit card.
"I'm absolutely frustrated with going through life paycheck to paycheck! Why can't I become successful?"
You've taken part in those conversations, ain't it right?
Your very own success story is going to be written. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.
WATCH WESLEY SPEAK NOW