About this blog

Kamis, 02 April 2015

Penilaian Matematika SK 5 (Tito Arizal)



I.     KOMPETENSI:
Standar Kompetensi
Bilangan  5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi Dasar:
5.1   Mengurutkan bilangan bulat
5.2   Menjumlahkan bilangan bulat
5.3   Mengurangkan bilangan bulat
5.4   Melakukan operasi hitung campuran
Indikator:
1.        Mengurutkan bilangan bulat
2.        Menjumlahkan bilangan bulat
3.        Mengurangkan bilangan bulat
4.        Melakukan operasi hitung campuran
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari bab ini, siswa dapat:
5.        Mengurutkan bilangan bulat
6.        Menjumlahkan bilangan bulat
7.        Mengurangkan bilangan bulat
8.        Melakukan operasi hitung campuran
Materi :
Bilangan Bulat




Jenis Penilaian Otentik
1.      ASPEK SIKAP
a.      Observasi
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Nama Sekolah       :
Kelas / Semester    :
Mata Pelajaran     :
Materi                    :
Tanggal                 :
No
Nama
Taat Beribadah
Berperilaku Syukur
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
Toleransi beribadah
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1


























































































Keterangan:
Skor 4  : Sudah membudaya
Skor 3  : Mulai Berkembang
Skor 2  : Mulai Terlihat
Skor 1  : Belum Terlihat
*Berilah tanda checklist (√) pada kolom yang sesuai










Instrumen Penilaian Sikap Sosial
Nama Sekolah       :
Kelas / Semester    :
Mata Pelajaran     :
Materi                    :
Tanggal                 :
No
Nama
Jujur
Disiplin
Percaya diri
Teliti
Tanggungjawab
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
















































































































Keterangan:
Skor 4  : Sudah membudaya
Skor 3  : Mulai Berkembang
Skor 2  : Mulai Terlihat
Skor 1  : Belum Terlihat
*Berilah tanda checklist (√) pada kolom yang sesuai


b.      Penilaian diri
Format Penilaian Diri Peserta Didik
Nama                     :
Kelas/Semester      :
Tahun Pelajaran   :
Waktu Penilaian   :
PETUNJUK
         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
         Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Saya belajar dengan sungguh-sungguh


2.
Saya mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian


3.
Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


4.
Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


5.
Saya berperan aktif dalam kelompok


6.
Saya menyerahkan tugas tepat waktu


7.
Saya merasa menguasai dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik


8.
Saya selalu membuat catatan hal-hal yang saya anggap penting


9.
Saya menghormati dan menghargai orang tua


10.
Saya menghormati dan menghargai teman


11
Saya menghormati dan menghargai guru


12
Saya dapat membedakan bilangan bulat


13
Aku dapat membaca dan menulis lambang bilangan bulat


14
Saya dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat


15
Saya dapat melakukan penjumlahan bilangan bulat


16
Saya dapat melakukan pengurangan bilangan bulat


17
Saya dapat melakukan operasi hitung campuran


Keterangan:
·         Penilaian persepsi diri untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan kenyataan yang ada.
·         Hasil penilaian persepsi diri peserta didik, digunakan sebagai dasar bagi guru dalam melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut
c.       Penilaian antar teman
Format Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai :
Nama penilai                     :
Kelas                                  :
Semester                            :
Waktu Penilaian               :
PETUNJUK
         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
         Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1
Berperan aktif dalam kelompok


2
Menghormati dan menghargai pendapat orang lain


3
Tidak memaksa kehendak/pendapatnya


4
Mau bekerjasama dalam kelompok


5
Mengerjakan tugas yang diberikan


Keterangan:
·         Penilaian persepsi diri untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan kenyataan yang ada.
·         Hasil penilaian persepsi diri peserta didik, digunakan sebagai dasar bagi guru dalam melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut
d.      Jurnal/catatan guru
No
Tanggal
Nama
Catatan Pengamatan
Tindak Lanjut
Kekuatan
Kelemahan
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)


















2.      ASPEK PENGETAHUAN
a.      Tes lisan (tidak ada)
b.      Tes tertulis
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Jumlah Soal
No. Soal
5.1  Mengurutkan bilangan bulat
Bilangan bulat
1.     Mengurutkan bilangan bulat
4
1
2
3
4
5.2  Menjumlahkan bilangan bulat
2.     Menjumlahkan bilangan bulat
4
5
6
7
8
5.3  Mengurangkan bilangan bulat
3.     Mengurangkan bilangan bulat
2
9
10
5.4  Melakukan operasi hitung campuran
4.      melakukan operasi hitung campuran
3
11
12
  13



ULANGAN HARIAN
Nama              :
Kelas               :
Materi             :
Tanggal          :
A.    Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang menurut anda paling tepat dan berikan tanda silang (X) pada jawaban tersebut
1.      Bilangan bulat yang juga bilangan prima adalah ....
a.         11
b.         18
c.         21
d.        27
2.      bilangan bulat berikut juga bilangan cacah, kecuali ...
a.       100
b.      10
c.       0
d.      -5
3.      Suhu ruangan pendingin mencapai tujuh derajat celcius di bawah nol dituliskan ....
a.       7 ̊ C
b.      -2 ̊ C
c.       -7 ̊ C
d.      0 ̊ C
4.     

Bilangan bulat ditunjukkan diagram panah pada bilangan di atas adalah ...
a.       -6
b.      -3
c.       3
d.      6
5.      Nilai dari -4 + (-7) adalah....
a.       3
b.      -3
c.       11
d.      -11
6.      Hasil dari 20 + (-15) = ....
a.       5
b.      35
c.       -5
d.      -35
7.      -43 + (-49) = ....
a.       6
b.      -6
c.       92
d.      -92
8.      -32 +41 =
a.       9
b.      -9
c.       73
d.      -73
9.      53 – 49 =
a.       4
b.      -4
c.       102
d.      -102
10.  -102 – (-27) =
a.       75
b.      -77
c.       125
d.      -129
B.     Isilah titik-titik berikut dengan tepat!
11.  Faiz mempunyai 25 butir kelereng. Diberikan kepada adiknya 5 butir. Kemudian ia diberi kelereng oleh kakaknya 3 butir. Berapa butirkah kelereng Faiz sekarang?
12.  Suhu udara di daerah kutub pada malam hari -10 °C. Pada siang hari suhunya naik 15 °C. Berapakah suhu di daerah kutub pada siang hari?
13.  Seorang pedagang pada hari pertama rugi Rp. 3.000,00. Pada hari kedua rugi lagi Rp. 4.000,00. Sedangkan pada hari ketiga pedagang tersebut untung Rp. 8.500,00. Secara keseluruhan untung atau rugikah pedagang tersebut? Berapakah untung/ruginya?























KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
Kunci Jawaban
A.    Pilihan Ganda

1.      A
2.      D
3.      C
4.      C
5.      D
6.      A
7.      D
8.      A
9.      A
10.  D
B.     Uraian
11.     Kalimat Matematika = -10 + 15 = 5
Jadi, suhu di daerah kutub pada siang hari 5 °C.
12.     Kalimat Matematika = 25 – 5 + 3 = 25 + (-5) + 3 = 23
Jadi, kelereng Faiz sekarang adalah 23 butir.
13.     Kalimat Matematika = -3.000 + (-4.000) + 8.500 = 1.500
Jadi, keuntungan pedagang pedagang adalah  1.500.







Pedoman Peskoran
A.    Pilihan Ganda
Benar 1 soal x 1
salah 1 soal x 0
B.     Uraian
Benar cara dan jawabannya x 5
Benar caranya saja tetapi jawabannya salah x 4
Benar caranya tetapi belum ada jawabannya x 3
Benar jawabanya tetapi caranya salah x 2
Salah Semua tetapi ada jawabannya x 1
Belum diisi x 0
Nilai = ( Pilihan ganda + uraian ) x 4
Nilai maksimal = 100


















c.       Penugasan
Ubahlah soal dibawah ini dengan menggunakkan garis bilangan !
1.      23 – 12 =
2.      8 – 15 =
3.      12 – (-7) =
4.      -9 – 20 =
5.      -28 – (-12) =

No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Keruntutan
Ketepatan
4
3
2
1
4
3
2
1
4























































Keterangan:
4=  sangat baik
3=  baik
2=  cukup
1= perlu bimbingan











3.      ASPEK KETRAMPILAN
a.      Kinerja
Rubrik Penilaian kinerja
Kelas/semester                    :  IV/2
Materi                                 :  Bilangan Bulat
Format penilaian praktik     : Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat
           
No
Nama
Kriteria Penilaian
Kerapian
Ketepatan
Kejelasan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1













2













3













4













5














Keterangan skor :
Skor 4  :  sangat baik
Skor 3  :  baik
Skor 2  :  cukup
Skor 1  :  perlu bimbingan









b.      Proyek
Rubrik penilaian hasil/produk
Nama Proyek             : menggambarkan garis bilangan bulat
Kelas/Semester           : IV/2
Materi                         :  Bilangan Bulat
No.
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu bimbingan
1
1
Kemandirian
Siswa dapat menggambarkan garis bilangan bulat dengan baik
Siswa dapat menggambarkan garis bilangan bulat dengan baik namun kadang-kadang perlu bantuan
siswa memerlukan bantuan dalam menggambarkan garis bilangan bulat
siswa belum dapat menggambarkan garis bilangan bulat
2
Ketepatan dan kerapian dalam menggambarkan garis bilangan bulat
Siswa dapat menggambarkan garis bilangan bulat secara tepat dan rapi
Siswa dapat menggambarkan garis bilangan bulat namun tidak rapi atau sebaliknya
Siswa kadang-kadang memerlukan bantuan dalam menggambarkan garis bilangan bulat dengan tepat dan rapi
Siswa dibimbing penuh dalam menggambarkan garis bilangan bulat dengan tepat dan rapi
Keterangan:
Skor 4  :  sangat baik
Skor 3  :  baik
Skor 2  :  cukup
Skor 1  :  perlu bimbingan
c.       Portofolio

PORTOFOLIO
Nama Siswa      :
Kelas                  :
Semester            :
Tanggal dokumen
Nama dokumen
Substansi/isi
Kerapian dan ketepatan
Estetika

Laporan proyek menggambarkan garis bilangan bulat
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

Hasil tugas pekerjaan rumah













Melakukan operasi hitung menggunakkan garis bilangan














Keterangan
Skor 4  :  baik sekali
Skor 3  :  baik
Skor 2  :  cukup
Skor 1  :  kurang

2 komentar:

  1. adakah sumber pustaka untuk rubrik penilaian kireja?

    BalasHapus
  2. Look at the way my friend Wesley Virgin's adventure starts in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    As a matter of fact, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get anything they want.

    These are the EXACT same methods many celebrities (especially those who "come out of nothing") and the greatest business people used to become rich and famous.

    You've heard that you use less than 10% of your brain.

    That's because most of your BRAINPOWER is UNTAPPED.

    Maybe this expression has even occurred INSIDE your own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about seven years back, while riding an unlicensed, garbage bucket of a vehicle with a suspended license and on his bank card.

    "I'm very frustrated with going through life check to check! Why can't I become successful?"

    You took part in those types of thoughts, right?

    Your success story is waiting to start. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    Take Action Now!

    BalasHapus